MY BISNIS
hallo teman teman balik lagi dengan DEWIBLOG kali ini
pembahasannya tentang strategi my bisnis
1. Sumber Ide
Keragaman
yang ada dalam industri fashion dan potensi pasar di Indonesia membuat saya
tertarik untuk berbisnis dalam dunia fashion. Bisnis fashion yang saya pilih adalah
menjual kaos kaos lucu . Pemilihan bisnis fashion ini disebabkan oleh hobi dan
ketertarikan saya dalam dunia fashion dan juga cukup banyaknya relasi dan
teman-teman saya yang juga menyukai dunia fashion yang mana dapat membantu saya
dalam melakukan survey untuk mengetahui mode yang sedang populer. Selain itu,
saya memilih bisnis fashion ini karena adanya potensi pasar yang baik di
Indonesia.
2. Deskripsi Produk/Jasa
tshirt ini didirikan dengan mengusung
tema dan design yang sesuai dengan kebudayaan bangsa kita Indonesia agar kita
lebih mencintai produk dalam negeri yang dibuat dan di design khusus oleh
remaja Indonesia yang bakatnya tidak kalah dengan fashion design dari luar
negeri.
Tujuan dibuatnya bisnis thsirt ini
adalah agar remaja-remaja Indonesia lebih menghargai dan mencintai
produk-produk dalam negeri yang tidak kalah daya jualnya dengan produk luar
negeri. Pembeliannya pun bisa melalui web online yang memudahkan apalagi
ditengah pandemic seperti saat ini
3. Produksi
Ladies Botique sesuai dengan namanya
merupakan butik yang sangat cocok untuk remaja/para wanita yang sangat gila
terhadap belanja dan sangat menyukai fashion.
Elemen-elemen
utama yang ditawarkan membedakan antara butik-butik lain yang telah ada pada
umumnya adalah:
Ø
Produk yang sesuai dengan budaya bangsa kita dan tidak kebarat baratan,
Ø
Lebih menawarkan barang-barang yang mengusung tema dari daerah yang ada di
Indonesia,
Ø
Metode pemasaran yang unik dan menarik,
Ø
Lokasi gerai yang nyaman dan strategis,
Ø
Harga barang terjangkau namun tidak menurunkan kualitas.
BARANG-BARANG YANG
DISIAPKAN PUN ANTARA LAIN ,KAIN /BAHAN UNTUK BAJU , CUTTINGAN YANG HARUS RAPIH,
DAN KONVEKSI YANG BAGUS AGAR MENGHASILKAN BARANG BARANG BAGUS
4. Team (Organisasi)
Untuk menjalankan bisnis
ini diperlukan kreatifitas yang
baik karna untuk membuat desain tshirt yang akan di pasarkan. Karena Team merupakan
bagian penting untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis yang akan kita jalankan.
Dalam bisnis ini saya memiliki team dan membagikan job description (tugas)
sesuai keahlian yang dimiliki setiap orang yang terlibat dalam bisnis ini. Setiap
anggota memiliki pekerjaannya masing-masing sehingga bisnis bisa lebih
terorganisir dan terstruktur. Seperti, bagian produksi, bagian packing dan
pengiriman, bagian pemasaran, dan bagian keuangan.
5. Pemasaran
Tujuan pemasaran adalah
bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli
oleh konsumen.
a. Kebutuhan dan keinginan
konsumen (Probe)
Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan riset pasar
harus diarahkan dan dibutuhkan konsumen, dalam hal ini tshirt menjadi pakaian yang diminati oleh masyarakat
b. Produk (Product)
Karena
produk yang dipasarkan ini banyak maka kita harus pintar pintar dalam membuat
desain untuk produk yang dipasarkan
c. Harga (Price)
Berapa jumlah yang akan diperjual belikan kita bisa
hitung menggunakan Break Even Point untuk menentukan dimana titik impas bisnis
kita dimana tidak terjadi kerugian maupun keuntungan.
d. Promosi (Promotion)
Dalam hal
ini tshirt pasti menjadi penggemar para masyarakat karna tidak perlu susah
susah untuk bergaya cukup memakai tshirt yang nyaman dengan desain yang keren
e. Tempat/Mendistribusikan
produk ke konsumen (Place)
Untuk mengefisiensi biaya sewa toko dan menyesuaikan
dengan kondisi ditengah masyarakat yang dilarang membuka toko kecuali menjual
barang kebutuhan pokok. Maka kita memasarkan produk di E-Commerce (seperti,
tokopedia, shopee, ladaza, dan lain-lain). Karena menjual di E-Commerce juga
bisa memberikan kemudahan dan hemat waktu pada calon konsumen.
6. Keuangan
Sumber dana untuk
menjalankan bisnis ini merupakan dari dana pribadi untuk membeli semua bahan-bahan
dalam pembuatan tshirt
ini. Biaya produksi dalam setiap periode produksi tshirt Rp.465.000 menghasilkan 30
tshirt, maka per-unit masker biaya produksinya ialah Rp.15.000. kemudian, harga jual per-unit
masker ialah Rp.25.000.
·
Pendapatan per produksi : Rp.750.000
·
Pengeluaran per produksi : Rp.465.000
·
Keuntungan per produksi : Rp.285.000
Jadi, target omset dan
net profit usaha kami per periode produksi ialah Rp.285.000
Bussines Modal Canvas
1. Costumer Segment
Mulai dari remaja hingga orang dewasa
2. Value Proposition
·
Kualitas
bahan yang sangat nyaman
·
Desain
gambar yang kekinian mengikuti trend
·
Sablonan
yang dijamin tidak murahan
3. Channel
·
Social
media marketing ( INSTAGRAM) melakukan paid promote dan review product secara rutin
·
4. Costumer
Relationship
Cara yang dilakukan agar konsumen bisa
bertahan atau membeli kembali produk kami dengan melakukan diskon dan promosi
bagi yang membeli lebih dari 2 pcs, dan program giveaway agar produk
semakin dikenal.
5. Revenue Streams
·
Penjualan
untuk group
·
Menerima
pesanan dalam jumlah banyak
6. Key Activities
·
Packing
yang menarik
·
Produksi
7. Key Resource
Peralatan :
·
Bahan baku
·
Tempat pengemasan
8. Key Partnership
Mitra strategis yang kita miliki,
seperti supplier bahan kaos, toko menjual pakaian, dan konveksi.
9. Cost Structure
Biaya apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan
keseluruhan aktivitas bisnis, yaitu biaya bahan baku, proses pembuatan produk,
gaji pegawai, biaya pengemasan.
berikut tugas PKM-K yang saya berikan :
TERIMAKASIH TELAH MELUANGKAN WAKTUNYA UNTUK MEMBACA TEMAN TEMAN
Komentar
Posting Komentar