produk dan penentuan harga jual
Mengetahui
Pentingnya Menentukan Harga Jual Produk
Ada berbagai jenis strategi penetapan harga dalam bisnis. Namun
perlu diingat, strategi dalam bisnis tidak ada yang pasti. Perlu pendekatan
yang cocok untuk semua jenis produk, bisnis, atau pasar. Dalam menentukan harga
jual produk biasanya melibatkan beberapa faktor-faktor kunci tertentu, termasuk
menentukan target pelanggan Anda, mengetahui berapa banyak pesaing dalam segmen
produk yang sama, dan memahami hubungan antara kualitas dan harga. Berita baik
sekaligus dan berita buruknya adalah Anda memiliki banyak fleksibilitas dalam
cara Anda menetapkan harga, sangat banyak.
Cara Menentukan Harga Jual Produk Anda dan Sesuai Sasaran Bisnis
- Under price atau
menetapkan harga dibawah pasaran
Menentukan harga jual produk Anda terlalu rendah dapat berdampak
buruk pada laba yang Anda dapatkan. Masih banyak pemilik bisnis yang
percaya bahwa ini adalah yang harus mereka lakukan dalam era
disrupsi sekarang ini, terlebih ekonomi yang sedang sulit.
- Over price atau
menetapkan harga diatas pasaran
Di sisi lain, Menentukan harga jual terlalu mahal pada suatu
produk bisa sama merugikannya karena pembeli selalu akan melihat harga pesaing.
Penentuan harga di luar kemampuan pelanggan untuk membayar juga dapat
menurunkan penjualan.
Pahami Prioritas Bisnis
Anda yang Lain
Contoh produk yang memiliki efek jaringan adalah sistem
operasi Windows Microsoft. Ketika semakin banyak orang mulai menggunakan
Windows daripada produk pesaing, semakin banyak pengembang perangkat lunak yang
membuat aplikasi untuk berjalan di platform tersebut.
Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Menentukan Harga
Jual Produk
1.
Kenali Pelanggan Anda
2. Ketahui Biaya (Cost) Anda
3.
Ketahui Target Pendapatan Anda
4. Ketahui Kompetitor Anda
5.
Ketahui Pangsa Pasar yang Dituju
Bagaimana dan Kapan Anda
Harus Menaikkan Harga ?
Anda harus selalu menguji harga baru, penawaran baru, dan
kombinasi manfaat dari fitur baru untuk membantu Anda menjual lebih banyak
produk dengan harga yang lebih baik. Uji penawaran baru setiap bulan. Naikkan
harga dan tawarkan bonus baru dan unik atau layanan khusus untuk pelanggan.
Ukur peningkatan atau penurunan volume produk yang Anda jual dan total laba
yang Anda hasilkan.
Bagaimana dan Kapan Anda
Menurunkan Harga?
Anda mungkin menyadari bahwa Anda telah kehilangan target
pelanggan Anda dengan harga produk Anda terlalu tinggi. Anda dapat
memilih untuk mendiskon produk Anda atau memberikan sesuatu yang lebih kepada
pelanggan secara gratis untuk membuat mereka mencoba produk Anda atau
menghasilkan trafic situs web Anda atau toko Anda.
Umumnya, menurunkan harga bukanlah hal yang baik kecuali jika
Anda menggunakan ini secara strategis untuk mendapatkan pangsa pasar dan
memiliki produk yang sensitif terhadap harga atau jika semua pesaing Anda
menurunkan harga mereka. Alternatif terkait penurunan harga adalah
mengurangi porsi, ukuran, atau fitur dalam produk namun menjual dengan harga
yang sama. Hal ini terbukti secara efektif akan mengurangi cost Anda
tanpa mengurangi nilai ke pelanggan. Contohnya banyak restoran yang
mengurangi ukuran pors pada menu merekai dan menjualnya dengan harga tetap.
strategi ini pun dapat diterapkan untuk industri jasa.
Pantau Harga Anda
Komponen kunci lain dalam menentukan harga jual produk Anda
adalah dengan terus memantau harga dan profitabilitas pokok Anda setiap
bulan.Tidak cukup untuk melihat profitabilitas keseluruhan perusahaan setiap
bulan, Anda juga harus fokus pada profitabilitas dari setiap produk yang Anda
jual. Anda harus benar-benar yakin bahwa Anda tahu sejauh mana setiap produk
yang dipasarkan berkontribusi pada tujuan untuk menghasilkan laba setiap bulan.
Hal-hal
Kecil Yang Membantu Anda Menentukan Harga Jual Dengan Benar:
1. Dengarkan pelanggan
2.
Pantau kompetitor Anda
3.
Memiliki Rencana Harga Berkesinambungan
Mengetahui Pentingnya
Menentukan Harga Jual Produk
Salah satu
rahasia kesuksesan bisnis adalah menentukan harga jual produk Anda dengan
benar. Menentukan harga jual produk Anda dengan tepat dapat meningkatkan jumlah
penjualan produk Anda, menciptakan fondasi sebagai dasar bisnis Anda akan
berhasil. Strategi menentukan harga jual produk yang salah akan membuat masalah
yang mungkin tidak dapat diatasi oleh bisnis Anda kedepannya.
Ada berbagai
jenis strategi penetapan harga dalam bisnis. Namun perlu diingat, strategi
dalam bisnis tidak ada yang pasti. Perlu pendekatan yang cocok untuk
semua jenis produk, bisnis, atau pasar. Dalam menentukan harga jual produk
biasanya melibatkan beberapa faktor-faktor kunci tertentu, termasuk menentukan
target pelanggan Anda, mengetahui berapa banyak pesaing dalam segmen produk
yang sama, dan memahami hubungan antara kualitas dan harga. Berita baik
sekaligus dan berita buruknya adalah Anda memiliki banyak fleksibilitas dalam
cara Anda menetapkan harga, sangat banyak.
berikut ini
adalah penjelasan tentang bagaimana cara Anda dalam menentukan harga jual
produk, faktor apa yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan harga,
dan bagaimana menentukannya apakah sebaiknya menaikkan atau menurunkan harga
Anda.
Komentar
Posting Komentar